1 Ramadan Jatuh Besok, Menag : Seluruh Umat Islam Indonesia Awali Puasa Ramadan Bersama

45
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Jaidi dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher memaparkan hasil sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (5/5) | Foto : Istimewa

Jakarta, lampungkita.id Pemerintah telah menetapkan 1 Ramadan 1440 Hijriah jatuh hari Senin, 6 Mei 2019. Penetapan tersebut seragam dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Muhammadiyah.

“Tentu kita harapkan seluruh umat islam di Indonesia mengawali puasa Ramadan secara bersama. Ini merupakan simbol kebersamaan umat Islam indonesia. Mudah-mudahan ini wujud sesama anak Bangsa (untuk) menatap masa depan,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat mengumumkan di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Minggu 5 Mei 2019.

Selain itu, PBNU juga sudah menetapkan tanggal 1 Ramadan 1440 Hijriah. Penetapan dari PBNU tak berbeda dengan penetapan dari Muhammadiyah.

“Awal Bulan Ramadhan 1440 H jatuh pada hari Senin tanggal 6 Mei 2019 M,” demikian isi pemberitahuan hasil rukyatul-hilal bil fi’li dari NU

Pemberitahuan tersebut ditandatangani oleh Ketum PBNU Said Aqil Siradj, Katim Aam PBNU Yahya Cholil Staquf dan Pejabat Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar.

“Kepada warga Nahdlatul Ulama dan umat Islam pada umumnya kami sampaikan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadlan 1440 H dengan penuh keimanan, keyakinan dan menjadikan bulan Ramadan sebagai momentum kerohanian untuk mensucikan diri dengan meningkatkan ketaqwaan dan memperbanyak membaca Al-Qur’an, dzikir, beribadah dengan penuh kekhusyukan dan berbagai aktivitas sosial yang bermanfaat,” demikian lanjutan pengumuman PBNU.

Sementara itu, berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Muhammadiyah, 1 Ramadan akan jatuh pada Senin, 6 Mei 2019.

Dikutip dari Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 01/MLM/I.0/E/2019 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1440 Hijriah, ijtimak jelang Ramadhan 1440 terjadi pada Minggu (5/5/2019) pukul 05.48.25 WIB. (*)