Dilantik Presiden, Arinal-Chusnunia Resmi Pimpin Lampung

233
Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim diambil sumpah saat dilantik sebagai Gubernur dan Wagub oleh Presiden Jokowi, di Isneg, Jakarta, Rabu (12/6) siang. (Ist)

Jakarta, lampungkita.id Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik pasangan Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebagai gubernur dan wakil gubernur Provinsi Lampung, periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan surat keputusan presiden oleh Presiden Jokowi kepada Arinal-Chusnunia di Istana Merdeka, Jakarta, sekitar pukul 09.45 WIB. Selanjutnya, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, dan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung melakukan kirab menuju Istana Negara.

Upacara pelantikan diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya yang diiringi oleh Korps musik Paspampres, yang dilanjutnya dengan pembacaan Keputusan Presiden RI Nomor 49/P Tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung masa jabatan 2019-2024, tertanggal 2 Mei 2019.

Kemudian Rohaniawan menempati posisi yang telah ditentukan untuk pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Presiden.

Usai penandatanganan berita acara pelantikan gubernur dan wakil gubernur, acara ditutup dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan ucapan selamat oleh Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah Kalla diikuti tamu undangan lainnya.

Pasangan Arinal – Chusnunia dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 49/P/Tahun 2019 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur – Wakil Gubernur Lampung masa jabatan 2019-2024.

Dilansir dari wesite Sekretariat Kabinet Indonesia, pelantikan tersebut tampak hadir Menko Polhukam Wiranto, Mendagri Tjahjo Kumolo, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menaker Hanif Dhakiri, Menperin Airlangga Hartaro Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD RI Oesman Sapta.

Sebelumnya, Arinal-Chusnunia terpilih dalam Pemilihan Gubernur 2018 lalu dengan mengungguli tiga pasangan lainnya dalam Pilkada Lampung 2018. Dalam hasil perhitungan, pasangan Arinal-Chusnunia memperoleh 1.548.506 suara atau dengan persentase 37,7 persen.

Arinal Djunaidi pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Lampung pada 2014-2016, sementara Chusnunia Chalim pernah menjabat Bupati Lampung Timur periode 2016-2019.(*)