Tak Pernah Berolahraga? Ini Tips Untuk Memulainya

10

Lampungkita.id Kesibukan bekerja atau kuliah, seringkali membuat kita jarang berolahraga atau bahkan tidak pernah sama sekali menekuni olahraga.

Sebaiknya jangan langsung melakukan olahraga berat jika tubuh kita tidak terbiasa bergerak. Tapi alangkah baiknya melakukan kegiatan aktif yang sederhana tapi berarti.

Motivasi Diri Anda Untuk Berolahraga

Motivasi untuk melakukan olahraga dimulai dari komitmen, agar terbangun tujuan dasar anda untuk memulai melakukan kegiatan olah fisik ini. Penelitian menunjukan motivasi olahraga yang digabung dengan rencana aktivitas nyata, lebih berhasil diwujudkan.

Memulai Dengan Aktivitas Sederhana

Setelah terbangun motivasi yang kuat, anda dapat memulai dengan melakukan aktivitas sederhana, misalnya lebih memilih untuk naik tangga daripada lift, atau sengaja parkir kendaraan cukup jauh agar anda dapat berjalan kaki. Selain itu, pada saat libur, daripada bermalasan di depan Tv mungkin lebih baik jika mengisinya dengan berenang atau joging pagi hari di lingkungan tempat tinggal anda.

Perubahan Kecil Yang Berarti

Perubahan yang terjadi pada rutinitas anda sehari-sehari tersebut, pada akhirnya membantu menjadi lebih aktif berolahraga. Sehingga lambat laun tubuh anda akan menyesuaikan diri. Setelah itu, mulailah untuk melakukan olahraga berat, seperti angkat beban atau futsal, sembari mengingatkan diri anda untuk mempertahankan gaya hidup aktif dan makan makanan yang sehat sesuai tujuan anda.

Sesuai rekomendasi dari WHO, anda disarankan untuk melakukan olahraga dengan aktivitas yang tidak terlalu berat selama 150 menit per minggu atau selama 30 menit setiap harinya. Sedangkan untuk olahraga berat anda dapat melakukan selama 75 menit per minggu. (LK002)