Tips Akali Tagihan Listrik Lebih Murah

149

lampungkita.id Beberapa waktu lalu, Tarif Dasar Listrik (TDL), telah dinaikan Pemerintah. Kenaikan TDL karena Pemerintah telah mencabut subsidi listrik untuk beberapa kategori pelanggan, terutama pelanggan lisrik 450 VA dan 900 VA. Akibatnya, tagihan listrik masyarakat tiba-tiba melonjak. Beberapa pelanggan, khususnya pelanggan listrik token pun mengeluh, pulsa listriknya cepat habis.

Sementara, gaji pekerja belum mengalami kenaikan. Harga sembako mulai merangkak naik. Banyak rumah tangga yang kebingungan mengatur uang bulanan karena kehidupan seharo-hari sangat bergantung dengan listrik.

Nah, bagi anda yang ingin berhemat dan menabung, tentu masalah kenaikan TDL ini menjadi masalah serius. Namun, disisi lain, tidak mungkin kita gelap-gelapan dimalam hari.

Ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengakali tagihan listrik di rumah anda jadi lebih murah. Berikut beberapa langkah menjadikan tagihan listrik di rumah anda jadi lebih murah.

Tentukan daya listrik rumah anda sesuai dengan kebutuhan.Daya listrik mempengaruhi golongan tarif TDL. Untuk itu anda harus menentukan daya listrik terpasang di rumah anda sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dapat menjadi langkah awal menekan biaya.Ada 17 golongan TDL yang ditetapkan PLN. Tiap golongan tarif berbeda biaya pemakaian dan biaya bebannya. Tagihan listrik dihitung berdasarkan selisih angka yang tertera pada meteran listrik ditambah biaya beban per 1.000 watt listrik yang tersambung. Dipakai atau tidak, biaya beban tak akan berubah. Biaya beban listrik berbeda untuk setiap golongan tarif.Jadi hitung dahulu kebutuhan listrik di rumah anda sebelum menentukan daya listrik yang akan dipasang. Jangan berlebihan, jika cukup dengan 900 VA, untuk apa memasang 1300 VA yang TDL-nya lebih mahal.

Pilih peralatan rumahtangga yang hemat listrik.Langkah ini akan membantu anda mengurangi tagihan listrik bulanan atau konsumsi pulsa listrik. Biasakan membaca kebutuhan daya listrik setiap peralatan rumahtangga sebelum membeli.Lemari es, TV LED, AC, setrika, kompor listrik, penyedot debu, dan kipas angin adalah peralatan rumah tangga yang umumnya menggunakan daya listrik hingga 400 watt. Untuk lampu penerangan, daya listrik yang dibutuhkan lampu pijar untuk membuat rumah anda terang benderang membutuhkan daya listrik minimal 80 watt per lampu pijar.Untuk menghemat konsumsi listrik bulanan di rumah anda, sebaiknya gunakan peralatan rumahtangga yang hemat listrik. Gunakan peralatan rumahtangga yang membutuhkan daya listrik di bawah 400 watt. Untuk penerangan, sebaiknya penggunaan lampu pijar karena walaupun harganya murah, konsumsi listriknya lumayan besar. Gunakan bohlam LED yang berdaya lebih kecil untuk penerangan.

Matikan yang tidak perlu.Tanpa sadar, kita sering boros listrik. Menyalakan lampu kamar mandi saat tidak digunakan, dispenser menyala walau kita tidak sedang butuh air panas, AC menyala walau ruangan kosong, atau televisi menyala saat kita tertidur.Sebaiknya, beberapa peralatan rumahtangga yang boros listrik tidak dinyalakan jika tidak dibutuhkan. Atau, usahakan untuk tidak menyala di saat berbarengan.Biasakan mencabut kabel listrik peralatan rumahtangga dari stop kontaknya setelah tidak digunakan. Kabel yang tertancap di stop kontak terus menerus meski peralatan tidak dinyalakan tetap menyerap daya listrik. Dengan mencabut kabel dari stop kontak, kita dapat menghemat 30% biaya listrik bulanan.

Gunakan alat penghemat listrik.Kemajuan teknologi saat ini telah menghasilkan beberapa alat penghemat listrik. Bentuknya berupa kapasitor mini yang berfungsi menekan jumlah arus boros pada setiap peralatan listrik yang terpasang. Beberapa alat penghemat listrik berfungsi untuk mengurangi induksi listrik saat peralatan rumah tangga digunakan.Biasakan untuk menggunakan alat penghemat listrik di rumah Anda. Sehingga anda dapat menghemat biaya listrik bulanan hingga 40 persen.

Beraktivitas menggunakan alat-alat tanpa mesin.Agar lebih berhemat, sesekali kita dapat menggunakan peralatan tanpa mesin. Selain berhemat, cara ini dapat dijadikan sebagai aktivitas fisik.Tak ada salahnya mencuci pakain, memeras dan mengeringkan secara manual untuk beberapa potong cucian. Tak ada salahnya mengulek sambal ketimbang menggunakan blender, atau memasak nasi dengan cara tradisional tanpa rice cooker atau magic com.

Membuat desain rumah hemat energi.Cara ini dilakukan jika memungkinkan. Rumah anda dapat didesain hemat energi.Pengunaan ventilasi dan jendela yang lebih efektif terhadap udara keluar masuk dan sinar akan membantu anda menghemat biaya listrik untuk penerengan di siang hari dan penggunaan kipas angin atau AC. Dengan ventilasi yang baik, udara masuk ke dalam rumah dapat kita atur untuk terus membuat rumah kita terasa sejuk.

Ayo, jangan hanya mengeluh dan protes terhadap kenaikan TDL. Kita dapat berhemat listrik dan mengurangi biaya listrik bulanan dengan beberapa cara di atas. ( LK002 )