10 Cara Menghadapi Malware Dan Virus Di Android

613

lampungkita.idVirus dan malware saat ini tidak hanya menjangkiti perangkat PC saja. Pasalnya, perangkat mobile seperti handphone dan tablet juga mulai banyak diserang oleh parasit ini. Android merupakan salah satu sistem operasi mobile yang banyak menjadi target serangan dari virus dan malware tersebut.

Selain merugikan, keduanya juga tentu sangat berbahaya bagi si pemakai smartphone atau tablet Android tersebut. Oleh karena itu, jika Anda memiliki perangkat Android, Anda harus mengetahui bagaimana tindak tanduk, cara mencegah, hingga cara menghapus virus dan malware Android.

Ciri-Ciri HP Yang Terserang Virus dan Malware Android

Sama halnya seperti di perangkat komputer, terdapat ciri-ciri khusus ketika virus dan malware telah menyerang perangkat Android. Jika Anda cukup jeli, maka Anda pasti akan dapat merasakan kehadirannya di perangkat kesayangan Anda. Berikut adalah ciri-ciri yang biasanya ditimbulkan oleh kedua parasit tersebut pada perangkat Android:

1. Pemakaian data internet yang berlebihan.

Kebanyakan malware dibuat untuk mencuri data dari korbannya, seperti daftar kontak, nomor kartu kredit, dan lainnya. Setelah berhasil mencurinya, malware ini akan mengirim data tersebut melalui internet sehingga otomatis kuota data internet Anda akan cepat habis.

2. Performa menjadi lambat. 

Karena banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh malware, maka pasti hal tersebut akan menjadikan perangkat Android Anda menjadi lambat.

3. Baterai cepat habis. 

Baterai Android yang cepat habis dapat diakali dengan berbagai cara menghemat baterai Android. Namun jika baterai Anda ternyata masih boros, maka mungkin malware menjadi biang keladinya.

4. Sering terputus ketika sedang menelepon.

Panggilan telepon putus karena sinyal buruk adalah hal biasa. Namun jika hal tersebut terjadi ketika sinyal jaringan Anda bagus, maka bisa jadi itu adalah ulah malware.

Cara Menghapus Virus dan Malware dari Perangkat Android

Cara paling mudah untuk menghapus virus dan malware Android adalah dengan cara menginstal aplikasi anti virus atau anti malware pada perangkat Anda. Pastikan aplikasi yang Anda instal tersebut merupakan aplikasi yang terpercaya. Berikut adalah beberapa aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk menghapus virus dan malware pada Android.

1. 360 Security

360 Security merupakan salah satu aplikasi antivirus gratis yang terdapat di PlayStore. Dalam aplikasinya, 360 Security ini diklaim mampu untuk membersihkan virus-virus yang bersarang di HP Anda. Selain itu juga, 360 Security juga diklaim dapat mencegah munculnya virus dengan melakukan scanning.

2. AVG AntiVirus

Sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini? Ya, AVG AntiVirus bukan hanya sekedar aplikasi Antivirus yang bisa digunakan di PC / Laptop saja. AVG AntiVirus kini hadir sebagai salah satu aplikasi Antivirus untuk HP Android. 

3. Avast Mobile Security

Selain AVG dan 360 Security, Anda juga bisa menggunakan Avast Mobile Security sebagai salah satu aplikasi AntiVirus yang bagus untuk HP Android. Anda bisa menggunakannya untuk mencegah dan melindungi HP Android Anda dengan mudah.

4. Clean Master

Aplikasi yang sudah diunduh oleh lebih dari 24 juta kali di Android ini juga menyuguhkan layanan untuk melindungi HP Android Anda dari virus. Dalam aplikasinya, pengguna Clean Master akan dimudahkan dalam mencegah, melindungi, dan juga membersihkan virus di HP Android.

5. Security Master

Security Master merupakan aplikasi Antivirus gratis yang tersedia di PlayStore. Dalam aplikasi ini, pengguna bisa menyelamatkan HP Androidnya dari serangan virus-virus yang bandel. Selain itu juga, Security Master cukup mudah dan sangat simpel untuk digunakan oleh siapapun.

Cara Mencegah Virus dan Malware Android

Satu-satunya cara agar perangkat Android Anda aman dari virus adalah dengan tidak mengunduh aplikasi apapun, tidak menghubungkannya ke komputer dan perangkat lain, dan tidak dipakai untuk browsing internet. Hal tersebut tentu saja mustahil dilakukan. Namun terdapat beberapa cara efektif agar Anda dapat meminimalisir virus dan malware menjangkiti perangkat Android Anda.

1. Baca review aplikasi

Ketika Anda ingin menginstal aplikasi baru dari Google Play Store, bacalah review-nya terlebih dahulu. Jika aplikasi tersebut bermasalah, tentu saja akan banyak yang memberikan review buruk terhadap aplikasi tersebut.

2. Periksa pembuatnya

Setelah membaca review-nya, selanjutnya Anda harus memeriksa apakah pembuat aplikasi tersebut terpercaya atau tidak. Jika Anda meragukannya, maka lebih baik Anda tidak menginstalnya.

3. Hati-hati terhadap aplikasi market pihak ketiga

Selain Play Store, terdapat beberapa aplikasi Android market lain yang dibuat oleh pihak ketiga. Jika aplikasi di Play Store saja bisa membawa malware, maka tentu saja aplikasi di market lain akan jauh lebih berbahaya.

4. Jangan sembarangan memberikan akses Superuser

Bagi pemilik perangkat Android yang sudah di-root, jangan pernah memberikan akses Superuser kepada aplikasi tidak benar-benar Anda percayai karena hal tersebut sama saja dengan memberikan kontrol penuh perangkat Anda kepada malware.

5. Lakukan scanning virus dan malware secara reguler

Melakukan scanning merupakan salah satu cara yang cukup bagus untuk mencegah timbulnya virus. Anda bisa melakukan scanning dengan menggunakan aplikasi AntiVirus. Melakukan scanning juga bisa membantu Anda untuk mencegah virus menyerang perangkat Android Anda.

Tidak ada satupun perangkat Android di dunia ini yang aman dari serangan virus dan juga malware. Oleh karena itu, Anda harus selalu mengawasi perangkat kesayangan Anda tersebut agar tidak terserang oleh virus dan malware Android. (LK111)