10 Tips Aman Mendaki Gunung

1064

lampungkita.id – Kegiatan mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh pencinta alam, kegiatan favorit tersebut juga dilakukan kalangan muda mudi yang umumnya terdiri dari pelajar dan mahasiswa. Banyak diantara mereka yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung. Tapi, tak sedikit juga yang belum begitu akrab dengan kegiatan yang satu ini.

Kebanyakan dari mereka yang masih newbie untuk urusan mendaki gunung memiliki motivasi lebih karena mereka ingin mecoba pengalaman baru yang penuh tantangan, selain itu mungkin mereka terpengaruh dari dokumentasi foto maupun video indahnya alam gunung yang mereka ketahui dari teman mereka maupun media sosial. Sehingga, mereka tertarik dan berkeinginan mendaki gunung. Perlu diingat, mendaki gunung sampai puncak bagi pemula itu bukan perkara yang mudah. Oleh karena itu lampungkita.id merangkum 9 tips aman mendaki gunung.

1. Melatih Otot Kaki dan Kesimbangan

Kegiatan melatih otot kaki bisa dilakukan dengan lari di pagi hari atau sore hari, diusahakan rutin dilakukan seminggu sebelum mendaki . kegiatan ini bertujuan untuk melatih otot kaki agar tidak kaget dalam mendaki gunung mengingat trek yang harus dilalui tidak lah mudah. Tapi jangan khawatir apabila kamu bisa rutin dalam melakukan kegiatan ini, trek yang sesulit apapun mampu kamu lewati dengan mudah. Selain lari pagi ada juga hal yang harus kamu latih yaitu kesimbangan. Untuk melatih keseimbangan, bisa dilakukan dengan senam-senam kecil seperti berdiri beberapa saat dengan satu kaki . Kegiatan ini ideal dilakukan setelah lari pagi atau sore sudah kamu lakukan.  Apabila lari pagi atau sore dan senam kecil sudah kamu lakukan secara rutin, kamu sudah lolos tahap awal dalam persiapan medaki gunung bagi pemula.

2. Jaga Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang paling vital dalam proses pendakian gunung. Karena kesehatan adalah kunci utama untuk melakukan pendakian, bayangkan saja apabila naik gunung dalam keadaan tidak fit, pasti tidak akan memperssulit perjalanan kita dalam pendakian, mungkin bisa jadi kita tidak akan pernah sampai tujuan, bahkan parahnya lagi kita bisa masuk rumah sakit.

Tidak cuma itu, bila tetap memaksakan perjalanan, maka akan merepotkan teman serta menghambat perjalanan. Tentunya kamu tidak mau kan hal tersebut terjadi pada diri kamu, tapi tenang saja saya punya tips agar hal tersebut tidak terjadi yaitu diusahakan jangan tidur terlalu larut malam seminggu sebelum mendaki gunung dan tidurlah secara cukup, kalau perlu konsumsi lah vitamin agar kamu tetap fit sampe hari untuk mendaki telah tiba.

3. Perlengkapan yang harus dibawa Ketika Mendaki Gunung

Setelah persiapan fisik sudah dilakukan, kini tinggal mempersiapkan peralatan yang harus dibawa saat kamu mau mendaki gunung. Perlengkapan mendaki gunung juga hal yang patut kamu siapkan dengan baik, bisa fatal akibatnya kalau kamu tidak mempersiapkan peralatan yang akan kamu bawa. Berdasarkan pengalaman yang saya alami, waktu pertama kali mendaki gunung saya kurang memperhatikan dalam mempersiapkan peralatan mendaki gunung, saya lupa membawa jaket. Alhasil kegiatan saya kurang memuaskan karena saat malam hari saya kedinginan. Tentu hal tersebut tidak ingin terjadi pada kalian kan. Nah maka dari itu berikut peralatan yang wajib di bawa ketika mendaki gunung. Yang pertama yaitu jaket, sarung tangan, tutup kepala, sepatu gunung, kaos kaki, tas besar, tas kecil, sleeping bag, tenda, matras, senter, tongkat untuk meringankan beban tubuh, mantol, peralatan memasak gunung jika diperlukan dan tidak lupa yaitu kamera buat selfie di puncak gunung . jangan lupa sebelum naik gunung kamu cek dulu perlengkapan kamu.

4. Konsumsi Yang Harus Dibawa

Konsumsi merupakan salah satu hal yang penting dalam proses mendaki gunung. Berikut konsumsi yang harus kamu bawa yaitu air putih 2 botol berisi 1.5L, Roti, Nasi + lauk kalo perlu, Mie instant, coklat dan gula merah untuk menambah tenaga kamu saat mendaki, kopi atau sejenisnya dan air cadangan. Itu merupakan konsumsi pokok yang harus saya bawa ketika mendaki gunung.

5. Ikuti Instruksi dan Larangan Petugas Gunung

Sebelum mendaki kita tentunya harus mendaftar dulu ke petugas gunung setempat, nah setelah kita melakukan proses pendaftaran tersebut pastinya petugas gunung akan memberikan intruksi dan larangan ketika kita dalam perjalan mendaki gunung. Maka patuhilah instruksi dan larangan yang merekan sampikan.

6. Teknik Berjalan Ketika Mendaki

Ketika mendaki gunung juga tidak asal-asalan dalam berjalan, pastinya kamu tidak mau kan hal yang buruk terjadi pada kamu. Ya saya akan berbagi tips untuk berjalan di sulitnya trek gunung. Yaitu dengan kaki selalu lentur setiap kali menapakan kaki di tanah dan tetap focus pada pijakan. Apabila kaki kamu kaku maka kemungkinan cidera bisa terjadi dan itu akan menghambat kamu dalam proses mendaki.

7. Jangan Malu Meminta Berhenti Jika Capek

Sebagai pendaki pemula pastinya kemampuan dalam mendaki tidak seperti merekan yang sudah terbiasa, maka kamu tidak perlu malu berkata capek dan minta untuk berhenti sejenak. Daripada dipaksakan malah tidak baik.

8. Usahakan Tidak Mengeluh

Mengeluh dalam perjalanan mendaki merupakan hal yang tidak baik untuk di lakukan. Dengan mengeluh akan mempengaruhi psikis dalam diri kita dan bisa berimbas pada tubuh. Dalam proses pendakian sebaiknya jangan mengeluh walaupun dalam keadaan seperti apapun, alangkah baiknya menyemangati diri sendiri dan selalu ceria agar perjalan mendaki gunung mu tidak terasa semakain berat dan yang pasti mengasyikan

9. Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Tentu kita tidak ingin indahnya lembah gunung yang diberikan Tuhan kepada kita dikotori dengan sampah, maka jangan membuang sampah digunung. Alangkah baiknya jika sampah yang kita hasilkan dibawa turun.

10. Jangan Menangkap Binatang Liar

Terkadang kita terpesona mendengar atau melihat binatang yang hidup dihabitat pegunungan atau lembah. Seperti burung, kucing hutan, ayam hutan, kambing gunung, binatang melata dan lain sebagainya. Karena keindahannya kita terkadang memiliki hasrat ingin memilikinya. Sebaiknya hal itu kita hindari dan fokus kepada tujuan kita. Karena bila kita mencoba menangkap hewan tersebut akan menghambat waktu perjalanan, selain sulit ditangkap, hewan itu akan membuat kita terpisah dengan teman hingga akhirnya tersesat.

Itulah 10 tips mendaki gunung dengan aman yang dirangkum lampungkita.id. Semoga bermanfaat. (LK002)