7 Penyebab Penglihatan Kabur Tiba Tiba dan Cara Mengatasi

308

lampungkita.id Mata menjadi indra yang sangat penting untuk manusia. Tanpa mata yang normal maka akan sulit sekali untuk bisa menjalani kehidupan yang normal.

Bagi orang yang sehat maka mata harus bisa berfungsi dengan normal, meskipun jika mengalami gangguan mata seperti penyakit rabun jauh atau rabun dekat. Kondisi ini yang akhirnya membuat mata harus menggunakan alat bantu seperti kacamata.

Namun kondisi mata menyipit, berkedip lebih sering dan menggosok mata bisa terjadi untuk mendapatkan pandangan mata yang lebih jelas. Biasanya ketika pandangan mata menjadi buram secara tiba-tiba maka sulit untuk ditemukan penyebabnya.

Anda mungkin berpikir bahwa itu semua karena usia atau akibat gangguan mata yang sudah dialami. Tapi masalah ini juga bisa terjadi karena kondisi penyakit yang sangat serius. Berikut ini adalah beberapa penyebab penglihatan kabur tiba tiba dan cara mengatasi.

Diabetes

Jika kadar gula dalam tubuh meningkat terus menerus maka bisa menyebabkan penyakit diabetes. Kondisi ini sangat umum untuk orang yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarga dan juga masalah kebiasaan gaya hidup yang buruk. Saat kadar gula naik terus menerus maka bisa menyebabkan retinopati diabetik. Kadar gula yang menumpuk dalam kornea bisa merusak pembuluh darah pada retina yang kemudian akan menghalangi cahaya masuk ke mata.

Kondisi penyakit ini bisa menyebabkan pembengkakan atau kerusakan pada makula. Efeknya juga bisa menyebabkan pembuluh darah baru pada bagian mata dan membuat mata mengeluarkan darah.

Kondisi mata ini bisa menyebabkan mata melihat bintik bintik, pandangan mata semakin kabur, dan yang paling parah bisa menyebabkan kebutaan. Langkah perawatan pertama adalah melakukan pemeriksaan mata secara menyeluruh dan memantau kadar gula.

Stroke

Pandangan mata yang kabur secara mendadak bisa jadi karena gejala stroke yang sering tidak disadari. Gejala ini biasanya sering diremehkan karena penglihatan kabur secara mendadak memang tidak menyebabkan rasa sakit. Selain memiliki pandangan kabur maka biasanya juga membuat pandangan ganda.

Munculnya gejala lain dari stroke adalah seperti sakit kepala berdenyut hebat, pusing yang mendadak, wajah menjadi lemah pada salah satu sisi, kehilangan keseimbangan, cadel, bicara tidak jelas dan kesemutan pada salah satu sisi tubuh termasuk lengan.

Perawatan stroke memang harus dilakukan dengan sangat cepat. Langkah pertama adalah segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan pertama dengan obat yang tepat. Perawatan selanjutnya bisa dengan tindakan terapi, obat dan kebiasaan gaya hidup sehat.

Preeklampsia pada ibu hamil

Jika pandangan mata kabur terjadi secara mendadak pada ibu hamil maka harus waspada, karena itu bisa jadi tanda preeklampsia. Kondisi ini muncul karena efek dari penyakit tekanan darah tinggi dan adanya protein yang sangat tinggi pada urin. Wanita hamil yang pernah menderita sakit kepala karena hipertensi maka sangat mungkin mengalami masalah ini.

Biasanya kondisi ini terjadi pada saat kehamilan baru 20 minggu namun bisa menyebabkan efek serius termasuk kematian dan bayi prematur.

Gejala lain yang perlu diwaspadai adalah seperti rasa cemas berlebihan, jantung berdetak kencang, bingung, mual, muntah, nyeri pada perut dan punggung bawah, bengkak pada wajah dan kaki serta sakit kepala berdenyut. Perawatan segera sangat diperlukan sehingga segera pergi ke rumah sakit.

Dokter kandungan akan memberikan obat untuk menurunkan tekanan darah dan memantau kondisi janin selama beberapa hari di rumah sakit.

Penyakit migrain

Ternyata beberapa jenis jenis migrain bisa memicu sakit kepala berlebihan sampai membuat pandangan mata kabur. Gejala lain yang sangat jelas pada migrain adalah kondisi mata yang sangat sensitif terhadap cahaya.

Biasanya gejala ini juga muncul sebelum migrain terjadi sehingga menjadi tanda pertama. Pandangan mata akan terlihat kabur karena melihat aura di depan pandangan mata, seperti bulatan putih. Kondisi lain mungkin terjadi seperti melihat garis atau gelombang yang tidak jelas.

Cobalah untuk istirahat dengan berbaring, minum air putih yang cukup dan mengatur nafas. Jika masih belum berkurang maka cobalah untuk berobat ke dokter karena biasanya dokter akan memberi obat migrain sesuai kondisi.

Penyakit multiple sclerosis

Efek sakit kepala ternyata bisa menyebabkan kondisi yang tidak nyaman seperti pandangan mata yang kabur. Hal ini bisa menyebabkan kondisi yang sangat serius seperti penyakit multiple sclerosis. Gejala awal ini memang sering diremehkan namun sangat berbahaya.

Penyakit ini bisa menyebabkan peradangan pada syaraf yang menghubungkan antara otak dan mata. Kemudian bisa membuat kondisi yang lebih parah dimana mata tidak bisa melihat, mata tidak bisa melihat warna dengan normal dan rasa sakit ketika menggerakkan mata.

Gejala lain seperti sulit untuk mencapai titik keseimbangan, pusing, sering berkemih, sangat lelah, mati rasa, kaku, dan sangat lemah. Penyakit ini harus mendapatkan perawatan yang tepat sehingga sesuai dengan kondisi. Dokter tetap akan melakukan beberapa tes termasuk MRI, CT Scan dan tes lain. Obat akan diberikan dalam jangka panjang karena penyakit ini tidak bisa disembuhkan.

Tumor otak

Pandangan mata kabur secara tiba-tiba disertai dengan sakit kepala ternyata juga bisa menjadi indikasi adanya tumor otak. Pembentukan tumor otak bisa menekan bagian tengkorak yang kemudian bisa menyebabkan pandangan mata kabur. Gejala lain yang sering menyertai termasuk seperti merasa mengantuk, sakit kepala, mual, mudah emosi, kejang, dan muntah.

Dokter akan melakukan beberapa tes untuk melihat kondisi tumor otak. Kemudian perawatan bisa dilakukan dengan kemoterapi dan radioterapi sesuai tumor. Operasi juga bisa dilakukan jika memenuhi syarat.

Penyakit parkinson

Pandangan mata kabur mendadak juga bisa menjadi tanda bahwa penyakit parkinson semakin parah. Kondisi ini bisa membuat mata tidak bergerak normal dan kondisi pandangan mata terus memburuk. Dalam kasus yang lebih berat bisa menyebabkan kehilangan penglihatan. Gejala lain yang sering terjadi seperti kehilangan keseimbangan, tubuh kaku dan tremor pada kaki, wajah dan lengan. Cara mengatasi dilakukan dengan obat untuk mengurangi gejala yang lebih parah dan menunda tingkat keparahan.

Itulah berbagai penyebab penglihatan kabur tiba tiba dan cara mengatasi. Kondisi ini memang harus mendapatkan pemeriksaan medis dengan lengkap sehingga satu gejala tidak bisa menunjukkan penyakit. (LK111)