Anda Manula? Ini Cara Melatih Otak Agar Tetap Sehat Dan Tidak Cepat Pikun

982
Mature people exercising happily in the gym.; Shutterstock ID 102375304; PO: aol; Job: production; Client: drone

lampungkita.id Kemampuan otak biasanya menurun bersama bertambahnya usia. Tapi Anda bisa menjaga agar otak tetap produktif, sehingga keterampilan Anda memecahkan masalah sehari-hari tetap terjaga. Lalu apa yang dapat Anda lakukan untuk menjaga otak tetap aktif?

1.  Pelajari Hal Baru

Tekuni hobi atau kejar mimpi yang sempat tertunda. Bahkan, Anda bisa menantang diri untuk mempelajari hal baru. Misalnya dengan mengikuti pelatihan wirausaha, mempelajari bahasa asing, berwisata ke daerah baru, menelusuri jalan yang berbeda, dan lainnya. Percayalah, otak manusia dirancang untuk selalu belajar. Maka itu, maksimalkan potensi dan jangan membatasi diri. Karena dengan demikian kapasitas otak Anda bisa meningkat.

2. Tetap Bergerak

Latihan fisik dapat meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga perhatian, penalaran, dan memori Anda bisa meningkat. Malas berolahraga? Sebaiknya jangan. Tapi Anda juga bisa mencoba beragam aktivitas fisik lainnya, seperti berkebun, membersihkan rumah, jalan kaki, berenang, senam otak, dan sebagainya.

3. Banyak Bergaul

Orang yang jarang bergaul cederung mengalami penurunan fungsi otak. Lebih parah lagi, jarang bergaul bisa menimbulkan rasa kesepian, menciptakan tekanan mental, lalu berujung kepada kerusakan otak. Kalau Anda sungkan bergaul dengan beberapa orang, cobalah mulai dengan mengikuti komunitas di tempat ibadah atau yang sesuai dengan hobi Anda.

Otak yang aktif bisa membantu mencegah penurunan fungsi otak. Maka jangan berhenti memaksimalkan pikiran Anda ya.  (LK111)