Cara Alami Merawat Payudara Tetap Kencang

52

lampungkita.id Wanita pasti menginginkan payudaranya memiliki bentuk yang bagus dan sempurna. Sayangnya, tidak semua wanita mempunyai bentuk payudara semacam itu.

Di sisi lain, payudara kendur adalah proses alami yang terjadi di mana payudara kehilangan elastisitas dan kekenyalan. Kebanyakan wanita mengalami payudara kendur pada usia 40-an atau terjadi lebih awal.

Perlu diketahui, payudara tidak memiliki otot sebab payudara terbuat dari lemak, jaringan ikat, dan kelenjar penghasil susu. Ditambah faktor gravitasi, maka payudara memang akan kendur seiring pertambahan usia. Terlepas dari usia, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan payudara kendur.

Di antaranya adalah faktor menyusui, kehamilan, menopause, penurunan berat badan yang drastis, olahraga berat, kekurangan gizi, dan memakai bra yang salah. Beberapa penyakit seperti kanker payudara dan penyakit pernafasan seperti tuberkolosis juga bisa menjadi salah satu penyebab payudara kendur.

Namun ternyata, ada sejumlah cara yang dipercaya bisa dilakukan untuk menjaga payudara tetap kencang.

1. Latihan Cara mengencangkan payudara kendur bisa dilakukan dengan latihan yang fokus pada jaringan payudara dan otot di sekitar dada.

Misalnya, push up dan chest press and pulls. Latihan chest press and pulls dilakukan dengan menarik kedua tangan ke belakang lalu gerakkan ke depan hingga menghimpit payudara. Namun, jangan lupa menggunakan bra khusus berolahraga saat melakukan latihan ini.

2. Minyak zaitun adalah teknik yang baik sebagai cara mengencangkan payudara.

Sebab, minyak zaitun kaya antioksidan dan asam lemak sehingga dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan radikal bebas, dan mencegah payudara kendur. Caranya adalah menggosokkan minyak zaitun pada payudara hingga terasa hangat. Lakukan pijatan ke atas secara lembut selama 15 menit, sebanyak 4 – 5 kali dalam seminggu.

3. Putih telur Putih telur mengandung hidro-lipid yang dapat membantu mengangkat kulit kendur di sekitar payudara.

Cukup mengocok sebutir putih telur hingga berbusa, dan oleskan pada payudara. Lalu biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Lakukanlah langkah ini seminggu sekali.

4. Lidah buaya Lidah buaya dapat mengencangkan kulit, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara agar payudara kencang.

Lidah buaya juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat paparan radikal bebas, sehingga mampu membantu memepertahankan kekencangan payduara. Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya dengan memijat payudara dengan lembut dan melingkar selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan ulangi 4–5 kali dalam seminggu.

Selain melakukan cara agar payudara kencang, ada beberapa tips yang harus kita lakukan supaya payudara tidak kendur :

  • Hindari diet secara ekstrem, pasalnya penurunan berat badan secara ekstrem dapat menyebabkan payudara kendur.
  • Lakukan olahraga lari dan olahraga lain dengan menggunakan bra khusus olahraga atau sport bra.
  • Konsumsi air putih secara cukup setiap harinya untuk menghindari kulit kering.
  • Jangan membiarkan payudara terekspos di bawah matahari secara langsung tanpa tabir surya. Pasalnya, sinar matahari dapat menghilangkan elastisitas pada kulit.
  • Gunakan bra yang pas dan tepat supaya payudara tertopang dengan baik.
  • Konsumsi makanan yang sehat dengan nutrisi dan gizi yang penting seperti protein, vitamin kalsium, mineral, karbohidrat dan lemak esensial yang diperlukan oleh payudara. (LK111)