Cara Mudah Usir Nyamuk Tanpa Biaya Mahal

267

lampungkita.id Nyamuk nyatanya sangat mudah ditemukan di sekitar rumah. Nyamuk pun kerap berkembang biak di sekitar rumah dan bahkan bisa beranak pinak di tempat bersih dan terawat.

Untuk mengusirnya, orang seringkali mengunakan obat berbahan kimia yang berpotensi berdampak buruk bagi kesehatan.

Tak perlu dengan ongkos mahal, dengan melakukan langkah mudah berikut ini, Anda bisa terhindar dari sasaran empuk serangan nyamuk.

1. Pelihara ikan di kolam.

Ikan-ikan bisa memakan jentik nyamuk, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan kolam di pekarangan rumah Anda.

Namun, jika Anda punya kolam mungil tempat minum burung, cobalah menguras dan mengganti airnya setidaknya seminggu sekali.

2. Ganti warna lampu teras.

Cara lain yang dapat Anda terapkan adalah mengganti warna lampu di teras dengan warna kuning. Warna ini disinyalir tidak menarik perhatian nyamuk sehingga tak akan mendekati rumah.

3. Buat angin buatan.

Keberadaan angin dapat membuat serangga atau hewan terbang berukuran kecil terganggu.

Oleh sebab itu, hadirkanlah angi buatan melalui kipas angin listrik maka nyamuk pun akan menyingkir dari rumah.

4. Tambahkan wewangian.

Usahakan Anda menghindari beberapa jenis wewangian yang disukai oleh nyamuk. Anda juga dianjurkan menghindari wewangian buah dan bunga. Namun, sumber lain menyatakan bahwa wewangian lavender justeru efektif menyingkirkan nyamuk.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan tanaman yang bisa membantu menusir nyamuk seperti serai wangi, lavender ungu, catnip, bawang putih, atau geranium.

5. Hilangkan genangan air.

Genangan bisa muncul di mana saja di dekat rumah, terutama ketika musim hujan datang. Untuk itu, usahakan jangan ada sedikitpun genangan di sekitar rumah.

Anda juga perlu membersihkan selokan, teras, halaman, hingga alas pot. Agar dampaknya lebih terasa, ajak pula para tetangga untuk melakukan hal yang sama.

6. Jangan menggantung baju.

Nyamuk pada dasarnya menyukai tempat yang lembab dangelap. Cara mencegah yang harus dilakukan adalah menghindari menumpuk barang-barang atau baju berlebihan, apalagi baju kotor yang sudah terkena keringat.

Jika ingin dipakai, jangan lupa kebaskan dahulu baju tersebut. Biasakan menutup lemari, dan jauhkan barang-barang yang menumpuk ke tempat yang agak jauh dari pusat kegiatan Anda di rumah.

7. Segera buang sampah padat.

Tak hanya menggantung baju, salah satu cara untuk menarik perhatian nyamuk adalah dengan nmenumpuk benda-benda padat seperti kaleng, ban, dan ember bekas. Oleh karena itu, sebaiknya segera buang atau rapikan barang-barang padat yang menumpuk.

Lebih lanjut, bersihkan pula sudut-sudut rumah karena barang yang menumpuk di sudut rumah juga bisa menjadi rumah nyamuk. (LK111)