Ingin Bersnorkeling dengan Aman? Ini 8 Tips Untuk Pemula

186
foto ilustrasi

lampungkita.id – Bagi kalian penghobi traveling yang ingin ke pantai untuk menikmati keindahan dan eksotisnya alam bawah laut tentunya kurang lengkap jika hanya menikmai dari permukaan saja. Menjelajahi keindahan bawah lautnya tentunya lebih nikmat jika dilakukan dengan cara snorkeling. Dengan Snorkeling kita dapat menikmati keindahan berbagai terumbu karang serta beraneka ragam satwa laut yang menjadi daya tarik lam bawah laut.

Bagaimana mau menjelajahi bawah laut bila tidak bisa berenang? jangan khawatir, kalian yang tidak bisa berenang tetap bisa menjelajahi pesona bawah laut dengan delapan tips snorkeling bagi pemula yang dirangkum lampungkita.id

Snorkeling sendiri adalah kegiatan berenang atau menyelam di permukaan laut dengan menggunakan alat yang bernama alat snorkel (alat bernafas berbentuk J), serta sebuah masker yang berfungsi melindungi mata dan hidung dari air, dan satu alat lagi yang bisa bikin kalian berenang dengan mudah di laut, yaitu kaki katak (fins). Kaki katak inilah yang berfungsi sebagai dayung saat kalian snorkeling.

Snorkel sendiri intinya mengapung, jadi saat snorkel kaki dan tangan diam saja (pasif), kecuali ingin pindah lokasi ataupun hendak ke pantai, barulah kaki dan tangan mengayuh menuju tepi, Usahakan posisi kepala menunduk bukan melihat kearah depan, melainkan melihat ke arah bawah (ke dalam air) karena ini akan sangat membantu tubuh tetap stabil mengapung, akan lebih baik jika posisi tubuh terlentang dengan wajah mengerah ke dalam air. karena itu akan membuat kalian tetap mengambang

Masuk ke intinya aja ya guys. Berikut tips snorkeling bagi pemula :

1. Cek peralatan dan cara pemakaian

Sebelum melakukan snorkeling, periksa terlebih dahulu kondisi peralatan dibutuhkan, seperti masker dan kaki katak. Cek juga apakah snorkel masih layak pakai atau ada yang bocor, sehingga tidak mengganggu saat Anda sedang snorkeling. Periksa apakah kaki katak masih lentur dan sesuai dengan ukuran kaki. Setelah itu, pastikan memasang masker dengan benar.

Jika Anda memiliki rambut panjang, kuncir terlebih dahulu agar tidak mengganggu pemandangan. Kencangkan masker senyaman mungkin jangan terlalu kencang ataupun longgar. Ini untuk menghindari timbulnya embun yang menghalangi pandangan.

2. Snorkeling bersama dan jangan terlalu jauh

Saat melakukan snorkeling, jangan sampai terlalu jauh dari teman atau rombongan Anda. Terkadang karena terlalu menikmati, sehingga lupa Anda sudah berenang terlalu jauh. Ingat snorkeling hanya menggunakan alat yang sederhana, sehingga tidak disarankan untuk Anda melakukan snorkeling terlalu jauh karena membahayakan.

3. Biasakan napas dengan snorkel

Sebelum melakukan snorkeling, ada baiknya melakukan latihan terlebih dahulu bernapas dengan snorkel. Gunanya untuk membiasakan Anda bernapas dengan snorkel pada saat di dalam air. Saat sudah di dalam air, buatlah diri Anda senyaman mungkin, dan yang terpenting jangan panik.

4. Buat senyaman mungkin di dalam air

Mulailah dengan mengangkat kaki dari dasar dan posisikan tubuh telungkup menghadap ke bawah, buka kaki dan tangan sedikit lebar dan cobalah untuk menyeimbangkan dan mengapung di atas air. bernapaslah melalui mulut, lalu ayunkan kaki seperti gerakan renang gaya bebas.

5. Perhatikan keaadaan sekitar

Jangan terlena ketika anda sedang asik menikmati keindahan alam bawah laut, selalu waspada dan perhatikan kondisi sekitar, lihat arus gelombang laut untuk mengindari arus yang kencang dan ingat! tetap berkelompok jangan jauh dari teman, danjangan sampai menginjak karang atau bulu babi.

6. Masker dan snorkel clearing

Bukan hal yang aneh jika terdapat air laut yang masuk ke dalam snorkel, dikarenakan ombak yang tidak menentu. Cara membersihkannya, Anda tidak perlu keluar dari air, cukup menarik nafas panjang, lalu hembuskan kuat-kuat dengan mulut, sehingga air keluar melalui corong snorkel karena dorongan udara. Setelah itu bernapas lagi dengan normal. Apa pun yang terjadi jangan panik. Karena hanya akan membuang-buang tenaga Anda di dalam laut.

7. Jangan panik

Jangan panik!, tetaplah tenang jika air masuk ke snorkel atau masker anda, seimbangkan posisi tubuh anda. dan gunakan kaki katak atau fin untuk penyeimbang.

8. Tetap menjaga kelestarian

foto rudi p

Selain harus menjaga keselamatan diri Anda pada saat snorkeling, Anda juga harus menjaga kelestarian alam bawah laut. Jangan sampai Anda merusak terumbu karang ataupun biota laut lainnya. Jangan membuang sampah sembarangan, dan yang terpenting jangan mengambil apa pun dari bawah laut.(LK002)