Ini Penyebab Payudara Kendur

371

lampungkita.id Banyak wanita menghadapi masalah payudara sepanjang hidupnya. Mulai dari ukuran terlalu besar, terlalu kecil, masalah ketika menyusui bayi, hingga yang mengancam nyawa seperti kanker payudara.

Meski tidak semua wanita mengalami masalah-masalah tersebut, tetapi setidaknya ada satu hal yang pasti dihadapi, yakni payudara semakin kendur.

Kondisi tersebut bisa dialami semua wanita, baik pemilik payudara besar atau kecil, ketika usia terus bertambah.

Payudara yang kendur merupakan fenomena alami seiring dengan usia. Tersusun dari lemak dan ligamen yang meregang, payudara akan kehilangan elastisitasnya seiring waktu.

Turunnya payudara juga dipengaruhi oleh gravitasi. Hampir semua bagian tubuh memang akan terpengaruh oleh gravitasi, tapi efeknya paling nyata pada bagian yang elastis dan lembut.

Penyebab lain yang mempercepat kendurnya payudara adalah kebiasaan merokok. Karsinogen dalam rokok ternyata berpengaruh negatif pada elastisitas tubuh.

Kebanyakan orang mengira payudara kendur karena menyusui bayi. Sebenarnya hal ini secara teknik keliru. Menyusui tidak akan mengubah bentuk dan ukuran payudara seperti halnya kehamilan.

Tak ada yang salah

Pada dasarnya tidak ada yang salah dengan kendurnya payudara. Industri fashion dan kecantikan memang selalu mempromosikan bentuk tubuh tertentu dan “mendikte” perempuan agar tidak terlalu gemuk, tidak terlalu kurus, terlalu besar, dan memiliki payudara padat.

Apa yang ditampilkan media, terutama iklan, tentang citra kecantikan wanita sebenarnya tidak mewakili wanita kebanyakan.

Yang terpenting adalah kita memiliki tubuh yang sehat, dan payudara yang kendung tidak berpengaruh pada status kesehatan.

Kebanyakan orang mengira payudara kendur karena menyusui bayi. Sebenarnya hal ini secara teknik keliru. Menyusui tidak akan mengubah bentuk dan ukuran payudara seperti halnya kehamilan.

Penggunaan bra dengan daya dukung yang baik juga bisa mencegah payudara terlalu kendur. Jangan lupa untuk selalu memakai bra khusus saat berolahraga. Melakukan latihan otot yang menargetkan bagian atas tubuh juga bisa mendukung jaringan payudara. Lakukan beberapa jenis latihan seperit push-up, bench-presses, dan pullover. (LK111)