Lakukan Beberapa Hal ini Agar Terhindar Flu

925

lampungkita.id Selain melalui udara, virus flu dapat ditularkan melalui percikan air ludah penderita, sekitar 1-2 hari sebelum gejala penyakit muncul di si penderita, hingga 4-5 hari setelahnya. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan?

Jangan menganggap sepele dan berpikir flu akan hilang dengan sendirinya tanpa butuh pengobatan. Flu bisa memberi dampak mengerikan hingga menyebabkan kematian. Tapi gejala seseorang terkena virus bisa berbeda-berbeda, tergantung jenis virus dan sistem kekebalan tubuh.

Secara umum, orang yang terkena flu akan mengalami demam tinggi (sekitar 38-400 derajat celcius), nyeri otot, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan batuk tidak berdahak. Dia juga akan mengalami beberapa gejala tambahan, seperti pilek, pusing, nyeri di dada, dan sebagainya. Gejala ini dapat dirasakan sekitar 2-3 hari bahkan lebih.

Nah, biar Anda tidak mudah terserang flu, coba ikuti beberapa kiat berikut:

Cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun, sebelum dan setelah melakukan aktivitas. Menutup hidung dan mulut dengan menggunakan sapu tangan atau tisu, ketika sedang batuk atau bersin. Gunakan masker ketika bepergian.

  1. Selain menjaga tubuh dari virus, menggunakan masker juga dapat melindungi diri dari polusi udara.
  2. Melakukan vaksinasi flu secara rutin setiap tahun.
  3. Jika diperlukan lakukan konsultasi dengan dokter terutama saat mengalami flu.
  4. Ketika mengalami flu, tetaplah berada di rumah hingga demam turun, serta jaga jarak dengan orang lain agar virus tidak menyebar.
  5. Selain itu sangat disarankan untuk beristirahat dan makan makanan bergizi, agar tubuh tetap terjaga dan terhindar dari flu. (LK111)