Lima Arca ditemukan di Pringsurat Pekalongan

70

Pekalongan, lampungkita.id Lima arca ditemukan oleh seorang pemuda asal Dukuh Jampangan, Desa Pringsurat, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan di sekitar permukiman yang biasa digunakan untuk berkubang kerbau milik warga.

Musa Abdaloh (17), pemuda yang menemukan arca, mengaku bahwa awalnya pada Sabtu (07/07), saat dirinya akan mencuci motor miliknya di sungai. Dirinya melihat batu yang menyerupai patung.

Melihat hal tersebut, Musa kemudian memanggil rekan-rekannya untuk melihat batu tersebut. Setelah diangkat ternyata batu tersebut berupa arca/patung.

“Karena arca tanpa kepala kami berinisiatif mencarinya, hampir setangah hari kami mencari dan menemukan 5 arca. 4 diantaranya lengkap dengan kepala hanya satu yang kepalanya hilang,” tutur Musa.

Oleh para pemuda yang menemukan kelima arca tersebut, kemudian dibawa ke Kantor Desa Pringsurat. “Awalnya dibawa ke rumah kepala desa, namun karena faktor keamanan dan rumah kepala desa selalu didatangi warga yang penasaran. Akhirnya diamankan ke Polsek Kajen,” kata Totok, perangkat desa setempat.

Sementara itu, Kamis (12/07), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan akan menindaklanjuti penemuan arca warga Pringsurat. Suwarno, kabid Kebudayaan Dindikbud Kabupaten Pekalongan mengaku sudah menyurati Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta untuk datang dan meneliti arca tersebut.

“Kami sudah meninjau kelokasi penemuan arca, dan kami sudah laporkan ke pimpinan untuk menindak lanjuti temuan tersebut. Dindikbud telah melayangkan surat ke BPCB Yogyakarta untuk mendatangkan tim ahli, hal tersebut dilakukan untuk memastikan arca tersebut benda cagar budaya atau bukan,” ” ujar Suwarno saat meninjau arca di Mapolsek Kajen. (*)