Makanan buat Penderita Asam Urat

241

lampungkita.idSebagian orang masih menganggap kacang sebagai makanan asin, berlemak, dan berkalori tinggi. Namun, sejumlah ahli gizi telah menyimpulkan bahwa kacang adalah makanan sehat yang ampuh menurunkan kadar kolesterol.

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa beberapa jenis kacang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Food and Drug Administration (FDA) bahkan telah menegaskan beberapa jenis kacang termasuk kacang tanah, kacang almond, kacang hazelnut memenuhi syarat kesehatan.

Kacang-kacangan jenis itu diklaim mampu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Merangkum berbagai sumber, berikut beberapa jenis kacang yang ampuh menurunkan kadar kolesterol.

1. Kacang kenari
Sejumlah penelitian kecil menunjukkan bahwa kenari membantu menurunkan kadar kolesterol. Mengutip jurnal Diabetes Care, satu studi pada tahun 2004 menemukan, rata-rata orang yang getol mengonsumsi kenari mengalami peningkatan kolesterol baik dan penurunan 10 persen kolesterol jahat.

Pada tahun yang sama, FDA juga telah memberikan label ‘sehat’ pada kenari yang dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Kacang almond
Sama seperti kacang lainnya, almond kaya akan protein, serat, lemak tak jenuh, mineral, dan nutrisi. Almond juga kaya vitamin E dan antioksidan.

Seorang peneliti bernama David Jenkins telah banyak melakukan penelitian tentang dampak mengonsumsi almond. Mengutip WebMD, konsumsi dua genggam almond harian dapat menurunkan 9,4 persen kadar kolesterol jahat.

3. Biji rami
Menambahkan tiga sendok makan biji rami ke dalam sajian makanan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Namun, cara ini hanya berlaku pada pria, tidak pada wanita.

Mengutip Live Strong, penelitian yang dilakukan oleh Nutrition and Wellness Research Center, Iowa State University, Amerika Serikat, melihat adanya penurunan kadar kolesterol pada pria sebesar 10 persen dengan menambahkan tiga sendok biji rami ke dalam makanan.

Penurunan kadar kolesterol ini didorong oleh adanya senyawa kimia pelindung jantung dalam biji rami.

4. Biji Wijen
Biji wijen mengandung lignan dan pitosterol. Studi yang dilakukan Virginia Polytechnic Institute, State University, pada tahun 2005 menemukan, kadar kolesterol sebesar 6 persen setelah menambahkan 1,5 ons biji wijen ke dalam makanan. (SR111)

seruit.id Pernah mengalami rasa sakit tiba-tiba pada sendi? Bisa jadi ini merupakan gejala asam urat. Sederet makanan ramah penderita asam urat bisa membantu mengatasi gejala tersebut.

Dalam dunia medis, penyakit asam urat disebut juga artritis gout. Penyakit timbul saat kadar asam urat tinggi dalam darah.

Asam urat merupakan sampah sisa pengolahan makanan oleh tubuh. Sekian jenis makanan perlu dihindari agar kadar asam urat terjaga seperti organ-organ hewan mamalia, ikan, makanan laut, serta makanan bergula.

Untuk mengatasi gejala asam urat, hindari beberapa makanan berikut :

1. Pisang
Penderita asam urat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tidak banyak mengandung purin. Nama terakhir merupakan komponen alami yang dimiliki beberapa jenis makanan. Tubuh akan memproduksi asam urat saat memecah purin. Salah satu buah rendah purin adalah pisang. Komponen dalam pisang dapat menurunkan kadar asam urat.

Selain pisang, penderita asam urat juga disarankan untuk mengonsumsi ceri dan jenis beri. Buah-buahan ini mengandung komponen antiinflamasi sehingga mencegah asam urat mengkristal.

2. Tomat
Sayuran perlu rutin dikonsumsi agar tubuh mendapatkan nutrisi lengkap. Beberapa sayuran seperti tomat, mentimun, dan brokoli sebaiknya dikonsumsi sebelum menyantap menu utama. Cara ini bisa mencegah pembentukan asam urat pada aliran darah. Ketiganya mengandung alkali alami sehingga baik untuk mengontrol kadar asam urat.

3. Susu
Semua produk susu seperti yogurt dan keju baik dikonsumsi penderita asam urat. Pilih produk susu rendah lemak (low fat). Susu jenis ini membawa lebih banyak manfaat dan mampu menurunkan kadar asam urat.

4. Kopi
Kopi tak berlaku buruk bagi penderita asam urat. Beberapa riset mengindikasikan, orang yang terbiasa meminum kopi berisiko lebih rendah memproduksi asam urat berlebih. Studi pada 2010 menemukan bahwa risiko asam urat terus menurun seiring meningkatnya konsumsi kopi.

Perempuan yang minum 1-3 cangkir kopi per hari berhasil menurunkan risiko sebesar 22 persen. Sedangkan perempuan yang meminum lebih dari 4 cangkir kopi mengalami penurunan risiko sebesar 57 persen.

5. Kacang-kacangan
Makanan untuk penderita asam urat termasuk pula kacang-kacangan. Bahan makanan satu ini rendah kadar puring sehingga aman dikonsumsi sebagai camilan. Kacang pinto adalah salah satu jenis kacang yang mengandung folic acid, yang mampu menurunkan kadar asam urat secara alami.

6. Biji-bijian
Biji-bijian banyak mengandung alkali alami yang baik untuk mengontrol kadar asam urat dalam darah. Biji-bijian yang direkomendasikan termasuk oat, beras merah, barley, dan biji bunga matahari.

7. Telur
Telur bisa dimasukkan sebagai makanan penderita asam urat. Telur termasuk makanan yang rendah kandungan purin sehingga tubuh masih bisa memperoleh protein hewani. Meski rendah purin, Anda disarankan untuk mengonsumsi empat butir telur dalam sepekan. (LK111)