Mari Obati Diabetes Dengan 3 Tanaman Obat Ini

758

lampungkita.id Diabetes atau penyakit gula merupakan jenis penakit kronis yang bisa berlangsung lama dan menyebabkan kompliksi. Tentunya jika dibiarkan sangatlah berbahaya bagi kesehatan penderitanya. 

Nah, di sini akan menjelaskan 3 tanaman obat yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diabetes. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Daun Insulin.

Ada sebuah penelitian di Kasturba Medical College mengemukakan bahwa daun insulin mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan daun insulin dengan obat Glibenclamide (obat ampuh diabetes) yang ternyata malah lebih efektif daun insulin ketimbang obat ampuh tersebut. 

Jika kamu ingin mencobanya, silakan ramu saja daun ini dengan menyiapkan daun seberat 20 gr dan air bersih secukupnya. Sebelumnya kamu jemur dulu daun itu seharian dengan sinar matahari sampai kering, kemudian rebus selama 20 menit, dan jemur lagi namun pada sisi yang sebaliknya. Setelah benar-benar kering, kembali lalu gerus (potong sampai membentuk serbuk).

Nah, sekarang rebus lagi selama 10 menit, dinginkan, dan tuang ke dalam gelas. Minumlah 3 kali sehari untuk percobaan. Jika tidak berpengaruh pada diabetes, tenang saja karena daun insulin juga bermanfaat bagi organ hati dan mengontrol tekanan darah, jadi tidak akan sia-sia.

2. Brotowali.

Kita tentunya sudah mengetahui tumbuhan ini memang bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya diabetes. Untuk cara mengolahnya, kamu sediakan saja 5cm batang brotowali, ditambah 10 lembar daun kumis kucing dan daun sambiloto. Bersihkan semua bahan, lalu rebus dengan air sebanyak 600 ml, biarkan sampai air berkurang setengahnya. Angkat, tuangkan, dan ramuan brotowali siap untuk diminum.

3. Mengkudu.

Yang terakhir yaitu buah mengkudu. Buah ini memang memiliki bau yang sangat khas dan rasanya yang kurang sedap, tapi kandungan di dalamnya sungguh sangat bermanfaat. Kandungan tersebut yaitu xeronine yang bisa menjaga kestabilan gula darah dan tentunya dapat mengobati penyakit diabetes.

Cara mengolahnya, siapkan buah mengkudu dan apel. Kupas dan cuci kedua buah itu, lalu blender. Ramuan pun siap diminum. Jadi intinya kamu meminum jus apel dan mengkudu.

Nah, itulah 3 tanaman obat yang bisa kamu manfaatkan untuk mengobati penyakit diabetes. (LK111)