Menangis Bukan Berarti Lemah, Ini Alasannya

323

lampungkita.id Seseorang, pastinya pernah menangis semasa dia hidup. Ada berbabagi macam hal yang menyebabkan seseorang itu menangis. 

Mulai dari menangis karena sedang bersedih atau berduka hingga menangis karena bahagia.

Memang, gak semua orang bisa mengekspresikan secara langsung tangisan dan beberapa orang memilih untuk menahan tangisnya Karen takut dibilang lemah dan cengeng misalnya.

Padahal, menaangis itu bukan menjadi tolak ukur seseorang itu lemah maupun kuat. Menangis adalah cara seseorang untuk mengungkapkan rasa yang sedang di alaminya dan terkadang, air mata secara gak sadar bisa menetes.

Bukan berarti lemah, berikut 6 alasan seseorang perlu juga untuk menangis.

1. Membebaskan perasaan

Dengan cara menangis, semua perasaan yang gak bisa disampaikan lewat kata-kata akan ikut keluar, termasuk juga soal keraguan.

Ketika tangisan itu sudah gak bisa dibendung lagi, ada baiknya memang harus dilepaskan. Soalnya nih, setelah kamu melepaskan tangisan itu, ada perasaan yang lega. Dan, beban dalam pikiran kamu akan sedikit berkurang.

2. Jujur pada diri sendiri

Jujur pada diri sendiri adalah suatu hal yang paling penting. Ada baiknya kamu jangan berbohong pada diri sendiri demi menutupi permintaan atau permohonan orang lain pada kamu.

Memang sih, kebanyakan orang akan menutupi dirinya saat sedang bersedih dan berpura-pura kuat. Padahal, dalam dirinya rapuh dan siap untuk melepaskan tangisan yang dibendung lama. 

Ingat, gak selamanya kamu menjadi pribadi yang kuat dalam menghadapi setiap persoalan. Terkadang, kamu harus berhenti sejenak sebelum kamu menghadapi persoalan demi persoalan lainnya.

3. Memperbaiki Mood

Menangis adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk memperbaiki mood seseorang selain mengalihkan dengan sesuatu hal yang disukai.

Alasan menangis bisa memperbaiki mood, menurut penelitian, karena air mata yang keluar itu mengandung zat-zat yang berhubungan dengan hormone stress.

Maka dari itu, ketika kamu melepaskan tangisan dan sudah keluar air mata, maka aka nada sedikit ketenangan ketika tangisan kamu sudah berhenti. 

4. Cara awal untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah

Setiap orang, pastinya mempunyai masalah yang berbeda-beda. Cara menyelesaikan masalah setiap orang pun berbeda-beda.

Kalau diharuskan menangis ketika sedang menghadapi permasalahan, gak ada salahnya memang kalau harus menangis. Menangis pun menjadi cara awal untuk menghadapi suatu masalah. 

Tapi ingat, jangan terlalu berlarut-larut meratapi masalah yang ada.

5. Sebagai obat

Menangis bisa menjadi obat atau penawar rasa sakit yang gak berdarah. Rasa sakit yang selama ini kamu alami, terutama kesedihan, gak ada salahnya kamu ungkapkan dengan tangisan.

Biarkan rasa sakit yang selama ini kamu rasakan keluar bersama dengan air mata. Meski gak sepenuhnya menghilangkan, seenggaknya dengan cara menangis itulah pikiran kamu akan menjadi lebih tenang.

6. Berpikir lebih jernih 

emua prasangka maupun pikiran yang negatif itu keluar karena kamju gak bisa berpikir lebih jernih. Salah satu yang menyebabkannya tentu saja masalah yang ada di pikiran kamu.

Terkadang memang persoalan dan masalah yang timbul dapat membuat seseorang gelisah dan berujung dengan stress dan pada akhirnya pikiran pun jadi kacau.

Untuk menghilangkannya, biarkan pikiran tenang dengan cara meluapkan melalui tangisan. Semua beban yang ada di pikiran akan berkurang.

Yups, gak selamanya menangis itu berarti lemah. Justru menangis adalah cara untuk melepaskan beban pikiran dalam hidup. 

Tapi nih ingat, jangan terlalu berlarut-larut menangisnya dan meratapi kesedihan. (LK111)