Penyakit Mematikan Yang Harus Diwaspadai Jika Batuk Tak Kunjung Sembuh

269

lampungkita.id Batuk adalah kondisi normal yang bisa terjadi pada siapa saja. Banyak hal yang bisa menyebabkan batuk, membuatnya sering disepelekan. Ketika zat asing tersebut masuk ke dalam tubuh dan tersangkut di tenggorokan maka secara otomatis Anda akan terbatuk.

Namun terkadang gejala batuk yang terjadi tidak sesederhana yang Anda kira, terutama batuk yang terjadi dalam waktu lama dan tidak kunjung hilang meski sudah berobat.

Berikut ini lima kondisi berbahaya yang harus Anda pertimbangkan ketika menderita batuk:

1. Kanker paru-paru

Merokok adalah faktor risiko besar untuk mengembangkan kanker paru-paru, tetapi bahkan orang yang tidak merokok pun bisa berisiko. Batuk dapat menjadi tanda kanker dan disebabkan oleh penonjolan tumor intrabronkial.

Jika batuk lebih dari 3 minggu ada baiknya Anda harus pergi ke dokter. Pada stadium lanjut penderita cenderung batuk darah, yang merupakan indikator mendesak bahwa Anda harus mendapatkan perhatian medis.

2. Cystic fibrosis

Penyakit bawaan yang ditandai oleh lendir yang lengket dan abnormal yang mencegah organ-organ seperti paru-paru dan pankreas bekerja dengan benar. Lendir menyumbat saluran pernapasan dan bakteri, menyebabkan infeksi, kerusakan paru-paru yang luas, dan akhirnya, gagal pernapasan.

3. Atelektasis

Atelektasis terjadi ketika satu atau lebih area paru-paru Anda kolaps atau tidak mengembang dengan baik. Ini bisa disebabkan oleh akumulasi lendir di saluran udara, dan batuk mungkin benar-benar membawa kelegaan.

4. Sarkoidosis

Sarkoidosis adalah penyakit radang yang menyerang banyak organ dalam tubuh. Ketika sarkoidosis mempengaruhi paru-paru (juga disebut fibrosis paru), peradangan dapat melukai jaringan paru-paru yang menyebabkan berkurangnya kadar oksigen. Batuk kering yang menetap, dan sulit bernapas adalah tanda-tanda potensial penyakit ini.

5. Sindrom gangguan pernapasan akut (SARS)

SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) adalah penyakit pernapasan virus yang menular dan terkadang fatal. Gejalanya mirip dengan gejala penyakit pernapasan lainnya seperti flu dan pneumonia.

Penyakit ini ditransfer ketika seseorang batuk, dan batuk kronis yang menetap mungkin merupakan tanda dari SARS. (LK111)