Ribuan Pengunjuk Rasa Duduki Gedung DPRD Lampung, Menolak RKUHP, RUU KPK dan RUU Pertanahan

93
ribuan massa yang didominasi mahasiswa berunjuk rasa di depan gedung DPRD Provinsi Lampung (foto LK002)

Bandar Lampung, lampungkita.id – Ribuan mahasiswa dari sejumlah Universitas di Lampung dan elemen masyarakat berunjuk rasa di depan kantor DPRD Provinsi Lampung, (24/092019). Unjuk rasa tersebut merupakan bentuk penolakan Rancangan Undang Undang (RUU) KPK, RKUHP, RUU Ketenagakerjaan dan RUU Pertanahan yang dibuat DPR.

Berdasarkan pantauan lampungkita.id, ribuan mahasiswa yang mengenakan almamater dari masing-masing Universitas membanjiri halaman depan gedung DPRD hingga komplek kantor Gubernur Provinsi Lampung. Selain itu ribuan mahasiswa terlihat memadati ruang dalam hingga luar lantai tiga gedung DPRD.

Sorak bergemuruh dari ribuan mahasiswa berkali-kali terdengar usai orator menyerukan orasinya tolak RUU dari atas mobil komando yang berada di depan gedung DPRD Provinsi Lampung.

“Bertepatan dengan peringatan hari tani Nasional, kami menuntut pemerintah mewujudkan reformasi agraria yang berkeadilan. Dengan tegas kami juga menolak segala skema pelemahan KPK dengan berbagai cara, cabut revisi UU KPK, yang telah disahkan dan revisi KUHP yang mengekang kebebasan masyarakat Indonesia” kata Kristin, perwakilan dari Aksi Aliansi Lampung Untuk Indonesia dihadapan anggota DPRD Provinsi Lampung.

Senada dengan Kristin, Adian selaku presiden BEM KBM Universitas Lampung dengan tegas menyatakan menolak revisi UU KPK yang telah disahkan DPR.
“Reformasi di korupsi, kami lebih rela anggota dewan turun dari jabatan, daripada koruptor bertebaran, hari ini mahasiswa tidak akan bernegosiasi. Hari ini harus disepakati, seluruh mahasiswa Indonesia sejalan menolak paket kebijakan yang tidak pro rakyat. Semua sepakat kami menginginkan DPRD Lampung menolak dan membatalkan UU KPK dan revisi KUHP ” seru Adian disambut gemuruh suara ribuan massa.

“Tolak RUU KPK, tolak RKUHP, tolak RUU ketenagakerjaan dan tolak RUU Pertanahan. Karena itu semua bermasalah. Mahasiswa bersatu, mahasiswa kuat” Ujar orator dari atas mobil komando.

Ribuan massa tetap berunjuk rasa di depan gedung DPRD Provinsi Lampung meski diguyur hujan deras. Unjuk rasa berjalan aman hingga sore hari. (LK002)